Sabtu, 05 Februari 2011

Spontaneous Human Invisibility - Fenomena dimana tubuh manusia menghilang atau tidak terlihat untuk beberapa saat.

Terkadang kita merasa kita tidak 'dianggap' ada oleh orang - orang disekitar kita, kita seperti diabaikan atau di acuhkan.
Tapi ada sebuah fenomena yang membuat seseorang yang mengalaminya benar - benar menjadi tidak ada atau menghilang,sehingga orang - orang disekitarnya tidak mengetahui kehadirannya.


Spontaneous Human Invisibility atau menghilangnya tubuh manusia secara tiba – tiba telah terjadi di berbagai belahan dunia.Fenomena ini juga sering disebut Spontaneuos Human Invisible.Ya,tanpa kita sadari tubuh kita menjadi tidak terlihat dan orang – orang yang berada disekitar kita tidak mengetahui keberadaan kita,bahkan disaat kita berbicara mereka tidak bisa mendengar kita.

Seperti karakter Invisible Woman di film Fantastic 4,bedanya si Invisible Woman bisa merencanakan kapan dia akan membuat tubuhnya menjadi tidak terlihat .Sedangkan orang – orang yang pernah mengalami Spontaneous Human Invisibility tidak bisa merencanakannya,bahkan mereka tidak menyadari bahwa tubuh mereka menghilang.
Kedengarannya seperti tidak masuk akal,tapi setidaknya ada sejumlah orang yang pernah mengalaminya dan kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa tubuh mereka menghilang.


Seorang laki – laki bernama Peter yang berumur 37 tahun dan tinggal di Gloucestershire Inggris,saat itu Peter sedang berpesta bersama teman – temannya.Lalu Peter permisi untuk ke kamar mandi dan dia pun jalan menaiki tangga,diikuti dengan seorang perempuan berjalan dibelakangnya yang juga ingin ke kamar mandi.

Peter masuk ke kamar mandi sedangkan perempuan itu menunggu di luar.Saat Peter selesai dengan urusannya Peter pun keluar dari kamar mandi dan turun kembali bergabung bersama teman – temannya.Peter merasa bahwa teman – temannya ini tidak menyadari kehadirannya walaupun Peter mulai berbicara tapi tetap saja teman – temannya mengabaikannya,pada saat itu Peter pun tidak tahu bahwa tubuhnya tidak terlihat dan Peter menganggap teman – temannya bercanda.

Peter menghampiri pacarnya untuk meminta rokok.Seperti teman – temannya tadi,pacar Peter tidak mengetahui kehadiran Peter.Peter pun kesal karena merasa dipermainkan,lalu Peter kembali ke kamar mandi.Saat Peter tiba di kamar mandi,Peter melihat perempuan yang tadi menunggunya di kamar mandi.Perempuan itupun terkejut saat dia melihat Peter datang, padahal dia tidak melihat kalau Peter sudah keluar dari kamar mandi sehingga perempuan itu tetap menunggu di sana.Peter pun kebingungan dan dia kembali ke teman – temannya,kali ini teman – temannya bisa melihatnya.Ketika Peter bertanya pada teman – teman dan pacarnya,mereka pun berkata bahwa sebelumnya mereka tidak tahu kalau peter sudah turun dan menghampiri mereka.


Seorang ibu rumah tangga bernama Melanie, di Ventura, California pernah mengalami hal serupa pada saat dia sedang duduk di sofa di dalam rumahnya.Suaminya mencarinya dan dia melihat suaminya berdiri sekitar 8 meter di depannya.Tapi suaminya tidak mengetahui bahwa istri nya sedang duduk di sofa yang tidak jauh dari tempatnya berdiri.
Sampai kira – kira 10 menit baru suaminya menemukan Melanie,suaminya pun marah karena mengira Melanie bersembunyi dari nya.

Sampai sekarang belum ada penjelasan ilmiah yang memuaskan mengenai fenomena ini.
Tapi,ada suatu teori yang diajukan oleh H.Spencer Lewis, Pendiri AMORC di San Jose,California.

Menurut H.Spencer Lewis manusia bisa menghilang jika mereka menutupi diri dengan ‘jubah’ yang mirip dengan ‘awan’.Lewis juga mengatakan dengan menggunakan awan atau kabut untuk menutupi tubuh dan menghalangi penglihatan orang lain terhadapnya.

Menurut penganut Rosicrucian,sebuah pergerakan yang berakar dari tradisi misteri, filosofi, dan dongeng dari Mesir kuno ini mengatakan bahwa awan yang terbentuk dengan electron bisa menyerap cahaya yang seharusnya dipantulkan ke mata.’Awan’ ini pun masih menjadi rahasia Rosicrucian.
Jadi,menurut penganut Rosicrucian manusia akan tidak terlihat jika memakai ‘awan’ ini karena bayangan tubuhnya tidak terpantulkan ke mata orang yang melihatnya.


Tapi,menurut cerita diatas,Peter dan Melanie menghilang secara tiba – tiba atau spontan.Bahkan mereka pun tidak mengetahui bahwa mereka menghilang,jadi otomatis mereka tidak menggunakan ‘jubah’ seperti yang disebutkan H.Spencer Lewis dan para penganut Rosicrucian.

Jadi sebenarnya,penjelasan - penjelasan diatas tidak bisa dijadikan penjelasan alternative untuk fenomena ini.

Spontaneous Human Invisibility akan tetap menjadi misteri sampai ada penjelasan yang logis tentang fenomena ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar